PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK PINTAR
BACA
(PENYEDIA INFORMASI SEPUTAR BERITA
DAN CERITA SISWA)
SMP NEGERI 2 DUKUHTURI
Penyusun:
1.
DWI ROSNITA WATI,
S.Pd
NIP. 19760305 202321 2 008
2.
IQBAL FAJRIN
AVEROS, S.Pd
NIP. 19941009 202421 1 013
SMP
NEGERI 2 DUKUHTURI
Jalan
Jajarsari Km. 3 Kepandean-Dukuhturi
TP.
2024-2025
LEMBAR PERSETUJUAN
EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK PINTAR BACA
SMP NEGERI 2 DUKUHTURI
TP. 2024-2025
Pembina
Ekstrakurikuler Jurnalistik PINTAR BACA,
Dwi
Rosnita Wati, S.Pd Iqbal
Fajrin Averos, S.Pd
NIP. 19760305 202321 2 008 NIP.
19941009 202421 1 013
Mengetahui:
Koordinator
Ekstrakurikuler,
Idhot Tri Bahtiar, S.Pd.I
NIP. 19911006
201902 1 005
Menyetujui:
Kepala SMP Negeri 2
Dukuhturi,
Siti Qomariah, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19671208 199903
2 007
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirobbil’alamiin,
Puji dan Syukur semata tercurahkan Kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan
ridlo-Nya, sehingga kami dapat menyusun program Ekstrakurikuler PINTAR BACA tahun
pelajaran 2024/2025. Program ekstrakurikuler ini merupakan salah satu bagian
dari tanggungjawab Pembina sebagai pendidik dan pembimbing dalam pengembangan
bakat peserta didik di sekolah. Sholawat dan salam senantiasa tercurahkan
kepada Nabi Besar Muhammad SAW.
Program
ekstrakurikuler Jurnalistik PINTAR BACA disusun sebagai pedoman pembina dalam
mengelola anggota ekstrakurikuler secara baik dan terarah guna meningkatkan dan
menunjang keberhasilan peserta didik dalam menempuh pendidikan di sekolah.
Pembina sebagai pembimbing dan pengarah peserta didik atau anggota di sekolah
yang diberi tugas untuk mengawasi, membimbing, memotivasi dan mengarahkan dan
menyelesaikan masalah peserta didik agar selalu memiliki tanggung jawab untuk
belajar. Dengan adanya program kerja ini diharapkan ekstrakurikuler Jurnalistik
PINTAR BACA dapat menjadi wadah yang nyama, dan kondusif untuk berlangsungnya
proses pengembangan diri anggota.
Program
ekstrakurikuler ini dapat tersusun dengan berkat bantuan dan atensi dari
berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih
kepada:
Ibu Kepala Sekolah SMP Negeri 2
Dukuhturi Ibu Hj, Siti Qomariah S.Pd.,M.Pd
Bapak Wakil Kepala Sekolah Bidang
Kesiswaan, Bpk. Idhot Tri Bahtiar, S.Pd.I;
Guru-guru dan staf tata usaha ;
Para anggota ekstrakurikuler
Tahun Pelajaran 2024/2025
Kami menyadari
dengan tersusunnya program kerja ekstrakurikuler ini masih banyak
kekurangannya, sehingga kami mengharap kritik dan saran yang konstruktif dari
semua pihak agar program kerja ini menjadi sempurna sehingga dapat dijadikan
sebagai acuan permanen di dalam upaya peningkatan pengembangan diri peserta
didik khususnya di ekstrakurikuler Jurnalistik PINTAR BACA dan umumnya di SMP
Negeri 2 Dukuhturi.
Dukuhturi,
1 Agustus 2024
Pembina
Ekstrakurikuler Jurnalistik
Dwi Rosnita
Wati, S.Pd
NIP. 19760305
202321 2 008
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam rangka
meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, pendidikan tentu saja
mempunyai andil yang sangat besar dalam proses pembentukan karakter calon
generasi penerus bangsa. Masa muda adalah masa yang sarat dengan daya
imajinasi, masa yang sarat akan daya kreasi, dan masa yang penuh dengan
semangat untuk berbuat dan mencoba hal-hal baru. Sikap ini akan tumbuh jika
dilakukan serangkaian proses kegiatan kepada siswa yang meliputi pengamatan,
penilaian, serta penumbuhan rasa memiliki, dan keterlibatan siswa dalam segala
aktivitas di dalam maupun di luar sekolah.
Proses
pendidikan tidak cukup apabila hanya dilakukan pada proses pembelajaran di
dalam kelas. Proses pendidikan di sekolah harus ditunjang dengan adanya
kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler secara berimbang, serasi dan
proporsional agar terwujud siswa yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,
cerdas, terampil, dan kreatif serta memiliki sikap, perilaku, pola pikir, dan
keperibadian yang kokoh. Selaras dengan pemikiran tersebut, perlu ditingkatkan
intensitas pembinaan terhadap kegiatan kesiswaan melalui ekstrakurikuler
sebagai aktualisasi dan optimasi dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang
diperoleh siswa dari proses pembelajaran dalam berbagai mata pelajaran atau
bidang studi.
Kegiatan
ekstrakurikuler merupakan wadah pembentukan bakat dan ajang kreativitas peserta
didik. Kegiatan ekstrakulikuler adalah salah satu sarana penyaluran kreatifitas
peserta didik sebagai upaya untuk mencegah peserta didik terjerumus pada
pergaulan yang tidak baik, seperti narkoba dan perkelahian pelajar. Kegiatan
ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat dan
kemampuannya di berbagai bidang di luar akademik. Manfaat kegiatan ini sebagai
wadah penyaluran hobi, minat, dan bakat para siswa secara positif yang dapat
mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, dan meningkatkan rasa
percaya diri. Akan lebih baik apabila peserta didik mampu memberikan prestasi
gemilang pada kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di luar sekolah sehingga
dapat mengharumkan nama sekolah.
Sebagai
manipestasi dari harapan tersebut, ekstrakurikuer Jurnalistik PINTAR BACA hadir
sebagai warna baru di lingkungan SMPN 2 Dukuhturi. Jurnalistik SMAPTA merupakan
ekstrakurikuler yang paling muda diantara 8 ekstrakurikuler yang ada di
sekolah. Para anggota ekstrakurikuler ini melakukan serangkaian kegiatan yang
menghasilkan suatu produk jurnalistik sesuai dengan kaidah ilmiah.
Ekstrakurikuler Jurnalistik PINTAR BACA merupakan wadah pengembangan bakat dan
minat peserta didik dalam dunia jurnalistik. Produk jurnalistik yang dihasilkan
seperti artikel berita, foto jurnalistik, video, karya tulis ilmiah, artikel
popular, esai, opini, serta pengelolaan website dan media sosial lainnya.
Kehadiran
ekstrakurikuler Jurnalistik PINTAR BACA diharapkan dapat membantu sekolah dalam
melakukan publikasi dan dokumentasi kegiatan-kegiatan di dalam maupun di luar
sekolah. Hal ini sesuai dengan filosofi dan semangat lahirnya Jurnalistik PINTAR
BACA untuk menjadi pelopor dalam menyampaikan informasi dan data yang akurat,
akuntabel, sistematis, dan terpercaya.
Dengan tersusunnya program kerja
tersebut diharapkan kepala sekolah, pembina, guru pembimbing dan tenaga
kependidikan lainnya, pengurus komite sekolah dan anggotanya, dan seluruh
peserta didik dapat memahami tentang pengertian, tujuan, jenis dan bentuk
kegiatan, serta cara pengelolaan pengembangan diri melalui ekstrakurikuler
Jurnalistik PINTAR BACA di SMP Negeri 2 Dukuhturi.
C. Tujuan
Secara umum,
ekstrakulikuler Jurnalistik PINTAR BACA di SMPN 2 Dukuhturi memiliki tujuan
untuk meningkatkan kreatifitas, pengalaman, dan disipin, serta daya juang siswa
dalam menguasai dan mengimbangi perkembangan IPTEK untuk dapat bersaing pada
era globalisasi.
Selain itu, Jurnalistik PINTAR
BACA di SMPN 2 Dukuhturi juga memiliki tujuan khusus, yaitu sebagai berikut:
1. Mengoptimalkan peran sekolah sebagai institusi pendidikan dan
pengembangan bakat siswa.
2. Memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan
antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi
upaya pembinaan manusia seutuhnya.
3. Merangsang ketertarikan siswa untuk telibat dalam aktualisasi
sikap-sikap jurnalis, proses-proses jurnalistik dan pembuatan produk
jurnalistik sesuai dengan kaidah ilmiah.
4. Meningkatkan kemampuan dan kreatifitas siswa dalam bidang
jurnalistik
5. Meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam usaha mengadaptaptasi,
menggunakan, dan memanfaatkan, serta mengikuti perkembangan IPTEK.
6. Meningkatkan kesadaran, disiplin, dan daya juang untuk memiliki
dan menguasai IPTEK.
7. Merangsang siswa untuk mengimplementasikan metode, teknik, serta
prosedur jurnalistik.
8. Mengembangkan sikap ilmiah, kejujuran, dan memecahkan gejala
sosial melalui pendekatan jurnalistik.Sebagai pelopor dalam menyampaikan
informasi dan data terkait dengan
9. kegiatan-kegiatan di dalam maupun di luar sekolah.
D. Manfaat
Adapun manfaat yang diharapkan
dari adanya ekstrakulikuer Jurnalistik PINTAR BACA di SMPN 2 Dukuhturi adalah
sebagai berikut:
1. Manfaat untuk Siswa
a.
Membangkitkan rasa
keingintahuan terhadap fenomena sosial yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan
dan teknologi.
b.
Meningkatkan kemampuan
berpikir terhadap gejala sosial melalui pendekatan jurnalistik.
c.
Meningkatkan kreativitas
yang menumbuhkan kemampuan berkreasi dan daya kritis.
d.
Menambah wawasan mengenai
dunia jurnalistik dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
e.
Meningkatkan keterampilan
menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya bidang jurnalistik.
f.
Meningkatkan minat membaca
dan menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan dan teknologi,
khususnya di bidang jurnalistik.
g.
Memperluas wawasan dan
kemampuan komunikasi melalui pengalaman diskusi, peliputan, dan publikasi
ilmiah.
h.
Memperkenalkan cara-cara
berorganisasi secara formal.
i.
Sebagai wahana untuk
menempa kedewasaan sikap dan kepribadian.
2. Manfaat untuk Guru
a.
Menambah wawasan ilmu
pengetahuan secara luas, khususnya di bidang jurnalistik.
b.
Menambah pengetahuan dalam
menunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah.
c.
Meningkatkan minat membaca
dan menulis serta rasa keingintahuan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi,
kehususnya di bidang jurnalistik.
d.
Mengenal perkembangan sikap
dan kepribadian siswa lebih mendalam.
e.
Meningkatkan kesejahteraan
dan kualitas hidup.
3.
Manfaat untuk
Sekolah
a.
Memberikan nilai tambah dan
keunggulan kompetitif bagi sekolah.
b.
Meningkatkan keterampilan
dalam pengelolaan dan pengembangan sekolah.
c.
Memeperluas hubungan
kerjasama dengan instansi lainnya.
d.
Meningkatkan situasi dan
kondisi sekolah yang kondusif dalam belajar
e.
Menambah fungsi sekolah
sebagai tempat pengembangan riset atau penelitian
f.
Mempermudah kerja sekolah
dalam hal publikasi dan dokumentasi
4.
Manfaat untuk
Masyarakat
a.
Meningkatkan sikap berdaya
kritis dan terbuka terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungannnya
b.
Membantu memberikan
alternatif penyelesaian beberapa persoalan sosial budaya, seperti kenakalan
remaja, dekadensi moral, dan lain-lain melalui peblikasi ilmiah dengan
pendekatan jurnalistik
c.
Membangun dan meningkatkan
kesadaran bahwa kemajuan bangsa dapat dicapai melalui penguasaan ilmu
pengetahuan dan teknologi dan publikasi yang benar.
d.
Meningkatkan kesadaran akan
pentingnya pendidikan
5.
Sasaran
Sasaran dari
diadakannya kegiatan ekstrakulikuler Jurnalistik PINTAR BACA adalah:
a.
Membentuk karakter disiplin
dan tanggung jawab.
b.
Membentuk kepribadian yang
humanistis dan peduli terhadap lingkungan alam dan lingkungan sosial.
c.
Menumbuhkan kreativitas dan
motivasi untuk berprestasi.
d.
Menumbuhkan kerjasamadan
kebersamaan.
e.
Menumbuhkan sikap kritis
pada siswa.
f.
Membangun semangat peserta
didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
g.
Menciptakan suasana yang
disukai dan menggembirakan peserta didik.
6.
Bidang Pengembangan
Adapun rencana pengembangan dalam bidang
ekstrakulikuler Jurnalistik PINTAR BACA di SMPN 2 Dukuhturi adalah sebagai
berikut:
a.
Bidang Ketaqwaan kepada
Tuhan YME
b.
Bidang Pendidikan dan Kader
c.
Bidang Kekaryaan
d.
Bidang Forum Dalam dan Luar
Sekolah
e.
Bidang TIK
7.
Peserta
Peserta yang
menjadi anggota ekstrakurikuler Jurnalistik PINTAR BACA adalah siswa-siswi SMPN
2 Dukuhturi dan warga sekolah yang mempunyai minat dan bakat pada bidang
jurnalistik.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
Waktu dan Tempat
Kegiatan
Adapun waktu dan
tempat pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Jurnalistik PINTAR BACA bersifat
fleksibel. Kegaiatn rutin dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 13.30 s.d. 15.00
WIB, bertempat di Lab. Komputer 1 SMPN 2 Dukuhturi.
B.
Pengurus
Ekstrakulikuler Jurnalistik PINTAR BACA SMPN 2 Dukuhturi
Penanggung Jawab : Siti Qomariah,
S.Pd.,M.Pd
Kordinator Ekstrakulikuler : Idhot Tri Bahtiar, S.Pd.I
Pembina/Pelatih : 1. Dwi Rosnita
Wati, S.Pd
2. Iqbal Fajrin Averos, S.Pd
Ketua :
Siswa/i SMP N 2 Dukuhturi
Sekertaris :
Siswa/i SMP N 2 Dukuhturi
Bendahar : Siswa/i SMP N 2
Dukuhturi
Anggota :
Semua Siswa/i SMP N 2 Dukuhturi Yang Mengikuti Ekstra
Jurnalisti PINTAR BACA
C.
Bentuk dan Jenis
Kegiatan
Kegiatan
ekstrakurikuler Jurnalistik PINTAR BACA pada prinsipnya harus tidak mengganggu
kegiatan akademik dan diharapkan menuju pada profesionalisme. Kegiatan yang
dilakukan merupakan bentuk pembinaan dan pengembangan potensi dan kemampuan
siswa dalam jurnalistik. Adapun yang menjadi dasar acuan dari pembuatan program
kerja ekstrakurikuler Jurnalistik PINTAR BACA PTA masa bhakti 2024/2025 adalah
Visi dan Misi SMP N 2 Dukuhturi, terutama pada poin meningkatkan prestasi
akademik dan non akademik, meningkatkan kemampuan penguasaan IPTEK.
D.
Program Kerja Ekstrkulikuler
Jurnalistik PINTAR BACA
a.
Program Kerja
Unggulan
Ø
Penerbitan buletin sekolah
Ø
Mengupgrade mading sekolah
dan Web resmi sekolah
Ø
Terlibat secara
langsung dalam mendokumentasikan
kegiatan sekolah
Ø
Mengadakan kerja sama yang
intens dengan seluruh eskul yang ada
disekolah
Ø
Melaksanakan Program GLS
(Gerakan Literasi sekolah)
Ø
Bekerja sama dengan OSIS
untuk mengadakan lomba antar kelas/class meeting (Pembuatan karya
berupa:artikel, puisi, cerita pendek dan lain-lain)
Ø
Mengunjungi kantor
berita,televisi atau radio
b.
Program Kerja Jangka
Pendek
Ø
Mengadakan kajian materi
satu kali setiap minggu
Ø
Membuat artikel-artikel
untuk ditempel di mading sekolah
Ø
Membuat karya video atau
film pendek untuk dilombakan atau sebagai konten di media sosial resmi sekolah
Ø
Membantu seluruh pihak di
SMP N 2 Dukuhturi dalam mengabadikan momen kegiatan
Ø
Menyampaikan isnpirasi
siswa kepada pihak sekolah
c.
Program Kerja Jangka
Panjang
Ø
Mengadakan penerimaan
anggota baru
Ø
Mengadakan Pelantikan Pengurus
baru
Ø
Mengadakan pembelajaran
komputer mengenai cara-cara penulisan yang baik dan editing berita, foto serta
video dan pembuatan blog
Ø
Mengadakan Pendidikan dan
pelatihan dengan mengundang narasumber yang kompeten
Ø
Mengikuti berbagai lomba
karya jurnalistik
Ø
Membuat karya Ilmiaah
Remaja (KIR)
Ø
Mengadakan study banding Praktik
BAB III
PENUTUP
Ekstrakurikuler
Jurnalistik PINTAR BACA merupakan salah satu bidang ekstrakurikuler dan
pengembangan diri yang ada di SMPN 2 Dukuhturi. Tujuan dibentuknya ekstrakurikuler
Jurnalistik PINTAR BACA itu sendiri adalah sebagai suatu wadah untuk menampung,
mengapresiasikan, mengembangkan dan menyalurkan segala potensi dan kemampuan
yang dimiliki oleh peserta didik sebagai usaha untuk meningkatkan kreatifitas,
pengalaman, dan disiplin, serta daya juang siswa dalam menguasai dan
mengimbangi perkembangan IPTEK untuk dapat bersaing pada era globalisasi.
Oleh karena
itu, program kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik PINTAR BACA yang telah
disusun dan direncanakan diharapkan dapat menjadi bahan acuan dalam pelaksanaan
kegiatan dan penyusunan program kerja mendatang. Besar harapan kami agar
program kerja yang telah disusun dan direncanakan ini mendapatkan dukungan dari
segi materi ataupun non materi dari berbagai pihak sehingga program kerja yang
telah direncanakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hasil yang
diharapkan. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan petunjuk-Nya, serta
selalu memberikan kelancaran dalam setiap pelaksanaan program yang telah
disusun dan direncanakan ini sehingga dapat terlaksana serta berjalan dengan
baik dan lancar serta memberi manfaat pada kita semua. Aamiin.
0 komentar:
Posting Komentar