PROGRAM KERJA
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS DEPAN 11.28.05.107 - 108
SMP NEGERI 2 DUKUHTURI
TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Disusun Oleh
TIM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GERAKAN PRAMUKA GUDEP
PANGKALAN SMPN 2 DUKUHTURI
TA 2024/2025
LEMBAR
PENGESAHAN
PROGRAM
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
TAHUN
2024 – 2025
Program
Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka ini
telah
disetujui dan disahkan
Oleh
Pembina
Ekskul Pramuka
Teguh
Evriyono, S.Pd
NIP.197508172008011008
Dukuhturi, 05 Agustus 2024
Kepala Sekolah Kesiswaan
Siti Qomariah,
S.Pd. M.Pd Idhot
Tri Bahtiar, S.Pd
NIP. 196712081999032007 NIP.
19911006201902005
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan
kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan
penyusunan Program Kerja Ekstrakurikuler Pramuka Gugus Depan Pangkalan SMP
Negeri 2 Dukuhturi pada tahun ajaran 2024/2025.
Program kerja ini
merupakan acuan bagi Pembina Pramuka serta Dewan Kerja Penggalang Gudep Pangkalan
SMPN 2 Dukuhturi untuk menjalankan
aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan SMPN 2 Dukuhturi.
Diharapkan dengan
selesainya penyusunan program kerja ini pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada
Gudep Pangkalan SMPN 2 Dukuhturi dapat terarah, terencana dan berhasil
dengan baik sehingga berkontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan
di lingkungan SMPN 2 Dukuhturi.
Kami menyadari bahwa
dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu
saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan demi kesempurnaan Program
Kerja Ekstrakurikuler Pramuka Gugus Depan Pangkalan SMPN 2 Dukuhturi. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat
bagi kita semua.
Dukuhturi, Agustus 2024
Team Penyusuan
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ……………………………………………………….. |
i |
||
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………….. |
ii |
||
KATA PENGANTAR ……………………………………………………… |
iii |
||
DAFTAR ISI ………………………………………………………………… |
iv |
||
BAB I |
: |
PENDAHULUAN ………………………………………….. |
1 |
A. Latar Belakang …………………………………………… |
|||
B. Dasar Kegiatan …………………………………………… |
|||
C. Tujuan …………………………………………………….. |
|||
D. Sasaran ……………………………………………………. |
|||
BAB II |
VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GUGUS DEPAN PANGKALAN MI/MTS/MA A. Visi Gudep MI/MTS/MA B. Misi Gudep MI/MTS/MA |
||
BAB II |
: |
PROGRAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA …… |
|
A. Program Umum…………………………. ……………… |
|||
1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik …………. |
|||
2. Bidang Pendidikan Orang Dewasa ……………………. |
|||
3. Bidang Sarana dan Administrasi ……………………… |
|||
4. Bidang Keuangan ……………………………………… |
|||
B. Penjabaran Program dalam Semester
……………………. |
|||
C. Penjabaran Masing-Masing Program
…………………… |
|||
D. Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler
Pramuka Gudep MI/MTS/MA |
|||
BAB III |
: |
ORGANISASI DAN TATA KELOLA |
|
A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus
Depan ………….. |
|||
B. Susunan Pengurus Dewan Kerja
Penggalang ………….. |
|||
C. Dewan Kehormatan Penggalang
……………………….. |
|||
D. Struktur Organisasi Gudep …………………. E. Pengelompokkan Peserta / Anggota F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan |
|||
BAB IV |
: |
PENUTUP ………………………………………………….. |
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib
dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan
Pramuka yang berpangkalan di sekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat
dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa
dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara,
kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan,
kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah
merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh
kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun
jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan
dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan
mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlak
mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala
pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain.
Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri
Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka
perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung
dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai
anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan.
Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin
pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun
suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur
langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu
pelaksanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib
dilaksanakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
B. Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar penyusunan
program kerja gugus depan pramuka adalah:
1.
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan
Pramuka
2.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang
Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
3.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang
Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
4.
Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun 1988 tentang
Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
5.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
6.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang
Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
7.
Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program kerja urusan kesiswaan SMPN
2 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2024/2025
C. Tujuan
Tujuan yang hendak
dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
1.
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan
kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan
kepramukaan
2.
Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelaksanaan
kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
3.
Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.
D. Sasaran
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat
dalam suatu gugus depan yang meliputi:
1.
Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala
Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan Urusan
Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru yang ditunjuk.
2.
Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis
dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota
pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3.
Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain
yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
4. Peserta didik yang menjadi objek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga, penggalang, penegak dan pandega sesuai dengan tingkat umur peserta didik.
BAB II
VISI MISI
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Mengacu pada Lampiran III Peraturan
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum berkaitan
dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi kegiatan ekstrakurikuler.
Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka pada Gudep SMPN 2 Dukuhturi adalah
sebagai berikut :
A.
Visi :
Visi gugus depan
pangkalan SMPN 2 Dukuhturi adalah: Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta
Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.
B.
Misi :
Sedangkan misi gugus
depan pangkalan SMP/MI/MTS/MA
1.
Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan
keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta ilmu
pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman.
2.
Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan
pengembangan potensi, bakat dan minat.
3.
Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap,
mental dan moral yang berkarakter.
4.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
5.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan
pola pikir dan nalar, serta keterampilan.
BAB III
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka SMP/
MI/MTS/MA dapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu
pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa
bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai
berikut :
A. Program Umum
1. Bidang Kegiatan dan
Latihan Peserta Didik
a. Penerapan Sistem Blok
Pembinaan Kepramukaan, berupa : Masa Orientasi Anggota Baru selama 3 hari, yang
pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas
VII
b. Penerapan Sistem Reguler
Pembinaan Kepramukaan, melalui kegiatan:
1.
Latihan Rutin
2.
Pencapaian SKU
3.
Pencapaian SKK
·
2 macam SKK Agama
·
2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
·
2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
·
2 macam SKK Keterampilan dan Teknik Pembangunan
·
2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat,
Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
4.
Peningkatan mutu latihan pramuka penggalang meliputi jenjang:
a.
Ramu
b.
Rakit
c.
terap
5.
Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
6.
Perkemahan Sabtu Minggu ( 2 kali )
7.
Penjelajahan dan Survival Game
8.
Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
9.
Lomba Tingkat I ( 1 kali )
10.
Bakti Masyarakat ( 2 kali )
11.
Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah
maupun Kwartir Nasional
12.
Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
13.
Musyawarah Gugus Depan
2. Bidang Sarana dan
Administrasi
Mengusahakan tersedianya
kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang
meliputi :
a.
Buku Induk Gugus Depan
b.
Stempel Gugus Depan
c.
Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
d.
Buku Administrasi Keuangan
e.
Daftar Inventaris Gugus Depan
f.
Buku Tamu Gugus Depan
g.
Laporan Semester Gugus Depan
h.
Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
i.
Pengadaan Tenda Pramuka
j.
Pengadaan alat pionering yang meliputi :
1.
tali pramuka
2.
tongkat
k.
Bendera Gugus Depan yang meliputi:
1. Bendera Tunas Kelapa
2. Bendera Pramuka Sedunia
Putra
3. Bendera Pramuka Sedunia
Putri
l.
Bendera Semaphore dan Morse
m.
Papan Nama Gugus Depan
n.
Sanggar Bakti Pramuka
3. Bidang Keuangan
Pengelolaan dana
kegiatan yang bersumber dari :
a.
Alokasi dana dari BOS
b.
Sumbangan lain yang tidak mengikat
4. Bidang Pendidikan Orang
Dewasa
a.
Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir
Ranting maupun Kwartir Cabang
b.
Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting
maupun Kwartir Cabang
c.
Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
B. Penjabaran Program dalam
Semester
Penjabaran program dalam
semester gugus depan pangkalan SMP/MI/MTS/MA dapat dijabarkan sebagai
berikut:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2024 SAMPAI DENGAN DESEMBER
2024
No |
KEGIATAN |
BULAN KE |
KET |
|||||
Jul |
Ags |
Sept |
Okt |
Nop |
Des |
|||
1. |
Masa Orientasi Anggota Baru (system Blok) |
X |
||||||
2. |
Latihan Rutin (Sistem Reguler) |
X |
X |
X |
X |
X |
||
3. |
Ujian SKU Penggalang Ramu |
X |
X |
X |
||||
4. |
Ujian SKU Penggalang Rakit |
X |
X |
X |
||||
5. |
Ujian SKU Penggalang Terap |
X |
X |
X |
||||
6. |
Ujian SKK |
X |
X |
X |
X |
X |
||
7. |
Gladian Pemimpin Regu |
X |
||||||
8. |
Perkemahan Dekat ( Persami ) |
X |
X |
|||||
9. |
Penjelajahan dan Halang Rintang |
X |
||||||
10. |
Bakti Masyarakat |
X |
||||||
11. |
Latihan gabungan |
X |
X |
|||||
12. |
Lomba Tingkat I |
X |
||||||
13. |
Laporan Semester ke Kwartir Ranting |
X |
||||||
14 |
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
Menyesuaikan |
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2024 SAMPAI DENGAN JUNI 2025
No |
KEGIATAN |
BULAN KE |
KET |
|||||
Jan |
Peb |
Mar |
Apr |
Mei |
Jun |
|||
1. |
Latihan Rutin (Sistem Reguler) |
X |
X |
X |
X |
X |
||
2. |
Ujian SKU Penggalang Ramu |
X |
X |
X |
X |
|||
3. |
Ujian SKU Penggalang Rakit |
X |
X |
X |
||||
4. |
Ujian SKU Penggalang Terap |
X |
X |
|||||
5. |
Ujian SKK |
X |
X |
X |
X |
X |
||
6. |
Gladian Pemimpin Regu |
X |
||||||
7. |
Perkemahan Dekat ( Persami ) |
X |
||||||
8. |
Penjelajahan dan Halang Rintang |
X |
X |
|||||
9. |
Bakti Masyarakat |
X |
||||||
10. |
Latihan gabungan |
X |
||||||
11. |
Laporan Semester ke Kwartir Ranting |
X |
||||||
12. |
Pemilihan pramuka terbaik |
X |
||||||
13. |
Musyawarah Gugus Depan |
X |
||||||
14. |
Perkemahan jauh dan Pengembaraan |
X |
||||||
15. |
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
Menyesuaikan |
C. Penjabaran Masing-Masing
Program
1.
Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan
latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
a.
Latihan rutin dilakukan setiap hari jum’at dimulai pukul 14.00 WIB dan
diakhiri pukul 16.00 WIB
b.
Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek
lapangan
c.
Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
d.
Rincian materi latihan rutin adalah :
1. Sejarah Pramuka
2. Dasa Dharma dan Trisatya
3. PBB dan Upacara Pramuka
4. Sandi pramuka (huruf
rahasia)
5. Semaphore
6. Kompas
7. Pionering, tali temali,
macam-macam ikatan
8. Api Unggun
9. Tata Boga
10.
Hasta karya Pramuka
11.
Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kepramukaan
12.
Musyawarah dan Mufakat
13.
Tanda Jejak, Peta
14.
P3K
15.
Penjelajahan dan Permainan Pramuka
e.
Lagu Wajib dan Lagu Daerah
f.
Bakti karya
g.
Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan
2.
Musyawarah Gugus Depan
1.
Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang
dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus
depan.
3.
Dalam kegiatan ini dirumuskan :
1.
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
2.
Susunan Pembina Gugus Depan
3.
Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
4.
Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
1.
Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
2.
Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri
3.
Pembina pramuka
4.
Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak
5.
Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala
Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina OSIS, dan unsur guru yang membidangi
ekstrakurikuler Pramuka.
6.
Unsur Komite Sekolah
7.
Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
8.
Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
5.
Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan
Sabtu Minggu di sekolahan.
1.
Kegiatan Perkemahan
a. Perkemahan Dekat (di
Sekolah)
1.
Kegiatan Perjusa dilaksanakan pada bulan ke empat tiap-tiap semester
2.
Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu yang dimulai pada
pukul 08.00 WIB (jumat) dan diakhiri pada pukul 14.00 WIB (Sabtu)
3.
Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Perjusa adalah :
·
Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
·
Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
·
Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
·
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
b. Perkemahan Jauh (di luar
sekolah/diluar kabupaten)
1.
Kegiatan ini dilakukan pada Akhir Semester
2.
Pada semester ganjil (pertama) kegiatan ini ditempatkan di wisata dalam
kabupaten Jombang, sedang pada semester genap (kedua) ditempatkan pada lokasi
perkemahan yang berada di luar kabupaten Jombang.
3.
Waktu melakukan kegiatan ini adalah minimal 2 hari maksimal 5 hari
4.
Kegiatan yang dapat dimasukkan pada kegiatan ini adalah:
·
Kegiatan Bakti Masyarakat
·
Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)
·
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
·
Kegiatan Lomba Tingkat I
·
Kegiatan Pengembaraan atau Kemah Beranting
·
Gladian Pemimpin Regu
6.
Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
a.
Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan
b.
Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi
keanggotaan gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada
kurun waktu tertentu.
7.
Kegiatan Insidental
a.
Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat
b.
Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
c.
Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
· Kegiatan kunjungan ke
anggota gugus depan karena sakit, belasungkawa atau kegiatan lain (berdasar
undangan)
· Mengikuti kegiatan yang
berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)
D. Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN SMPN 2 Dukuhturi
No. |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Kegiatan |
1 |
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan |
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
Sejarah kepramukaan
dan kode kehormatan Pramuka |
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
|
||
1.3 Mengetahui
dan mengamalkan Tri satya pramuka dan Dasa Dharma Dalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat |
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma |
Dasa Dharma dan
Trisatya |
||
1.4
Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan
masyarakat |
|
|||
2 |
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penggalang |
2.1
Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri) |
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri) |
PBB dan Latihan
Upacara |
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan |
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan |
|
||
3 |
3.
Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore |
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI |
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI |
Huruf SANDI |
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore |
3.2
Mengetahui fungsi bendera Semaphore |
Semaphore |
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
|
||
4 |
4.
Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari |
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
Pedoman kompas |
5 |
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah |
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |
Tali temali, cara
mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga |
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga |
|
||
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
|
||
6 |
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan |
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
Api unggun |
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
|
||
7 |
7.
Memahami resep dasar memasak |
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |
Tata boga |
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |
|
||
8 |
8.
Memahami cara membuat hasta karya |
8.1
Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |
8.1
Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug) |
Hasta karya Pramuka |
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
|
||
9 |
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka |
9.1 Mengetahui
lambang gerakan pramuka |
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka |
Lambang Gerakan
Pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2
Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah |
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah |
|
||
9.3
Membentuk kepengurusan regu |
9.3
Membentuk kepengurusan regu |
|
||
10 |
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1 Mengetahui arti
musyawarah secara sederhana |
10.1
Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana |
Musyawarah dan mufakat
Pramuka |
|
|
10.2 Bermusyawarah
membuat jadwal latihan lanjut |
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut |
|
11 |
11.
Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui
berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
Mencari jejak dan
penggunaan peta |
11.2 Menggunakan tanda
jejak dan peta dalam kepramukaan |
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
|
||
12 |
12.
Memahami definisi dan praktek P3K |
12.1 Mengetahui arti
P3K |
12.1
Mengetahui arti P3K |
P3K |
12.2 Mengetahui cara
dalam praktek P3K |
12.2
Mengetahui cara praktek P3K |
|
||
12.3 Memperagakan P3K
dan PPSD |
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD |
|
||
13 |
13.
Memahami definisi jelajah alam dan outbound |
13.1 Mengetahui
pengertian dasar jelajah alam dan outbond |
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbound |
Jelajah alam dan out
bout |
13.2 Mengetahui
macam-macam jenis outbound |
13.2
Mengetahui macam-macam jenis outbound |
|
||
13.3 Jelajah alam dan
outbound sederhana |
13.3
Jelajah alam dan out bout sederhana |
|
||
14 |
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |
14.1 Mengetahui macam-
macam lagu wajib dan lagu daerah |
14.1
Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah |
Lagu-lagu wajib dan
daerah |
14.2 Menyanyikan lagu
wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar |
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar |
|
||
15 |
15. Memahami
makna bakti karya Penggalang. |
15.1 Mengetahui makna
bakti karya Penggalang |
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang |
Bakti karya |
15.2 Bakti karya
Penggalang untuk desa |
15.2 Bakti
karya penggalang untuk masyarakat pegunungan |
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG RAKIT
GUGUS DEPAN SMPN 2 DUKUHTURI
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
1. Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode
kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan |
1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
* Menyebutkan tokoh pramuka dunia |
Sejarah Kepramukaan
dan kode kehormatan Pramuka |
* Menyebutkan organisasi pramuka dunia |
|||
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
Menjelaskan Sejarah singkat pramuka di Indonesia |
||
* Menyebutkan tokoh pramuka Indonesia |
|||
1.3 Mengetahui dan mengamalkan Tri satya pramuka
dan Dasa Dharma Dalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat |
* Menjelaskan isi Tri Satya dan Dasa
Dharma Pramuka |
Dasa Dharma dan
Trisatya |
|
* Menerapkan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka |
|||
2. Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan
kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara PENGGALANG |
2.1 Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna,
hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri) |
* Latihan PBB dasar |
PBB dan Latihan
Upacara |
2.2 Memperagakan upacara Penggalang di
lapangan |
* Latihan sikap sempurna sampai gerak jalan |
||
* Menulis langkah-langkah upacara |
|||
* Upacara Penggalang |
|||
3. Memahami macam- macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera
Semaphore |
3.1 Mengetahui macam-macam SANDI |
* Mengungkapkan Isi suatu SANDI |
SANDI dan SEMAPHORE |
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore |
* Menyebutkan fungsi SANDI dan semaphore |
||
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
* Memperagakan bendera Semaphore |
||
4. Memahami kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari |
4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
* Menggunakan pedoman kompas dalam berkemah |
Pedoman Kompas |
5. Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan
berkemah |
5.1 Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung
tongkat |
* Membuat beragam simpul tali |
Tali temali, cara
mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga |
* Menyambung tongkat |
||
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
* Membuat tandu |
||
* Membuat kaki 3 |
|||
* Menyebutkan cara mendirikan tenda |
|||
* Mendirikan tenda |
|||
6. Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan |
6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
* Menyebutkan kegunaan api unggun |
Api unggun |
6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
* Membuat miniatur api unggun di SD |
||
7. Memahami resep dasar memasak |
7.1 Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |
* Membuat resep rujak an dan sayuran |
Tata Boga |
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan
lauk-pauk) |
* Memasak sayuran dan membuat lauk pauk |
||
8. Memahami cara membuat hasta karya |
8.1 Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |
* Membuat anyaman atap gubug |
Hasta karya Pramuka |
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
* Membuat sandal kayu |
||
9. Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi
kepramukaan |
9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka |
* Menjelaskan arti lambang pramuka |
Lambang gerakan
pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2 Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah |
* Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka |
||
9.3 Membentuk kepengurusan regu |
* Membuat pengurus regu |
||
10. Memahami definisi
musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana |
* Menjelaskan arti musyawarah dan mufakat |
Musyawarah &
mufakat pramuka |
10.2 Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut |
* Bermusyawarah membuat jadwal latihan |
||
11. Memahami tanda- tanda jejak peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
* Membuat tanda jejak dan peta penjelajahan |
Mencari jejak dan
penggunaan peta |
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
* Menggunakan tanda jejak dan peta jelajah |
||
12. Memahami definisi dan praktek P3K |
12.1 Mengetahui arti P3K |
* Menjelaskan arti P3K |
P3K |
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K |
* Menyebutkan cara praktek P3K |
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD |
* Praktek PPGD/P3K |
||
13. Memahami definisi jelajah alam dan outbond |
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond |
* Menjelaskan arti jelajah alam & outbound |
Jelajah alam dan
outbound |
13.2 Mengetahui macam-macam jenis outbound |
* Menyebutkan macam- macam jenis outbound |
||
13.3 Jelajah alam dan outbound sederhana |
* Penjelajahan dan outbound |
||
14. Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah |
* Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah |
Lagu - lagu
wajib dan daerah |
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang
benar |
* Menyanyikan lagu Indonesia Raya |
||
* Menyanyikan 2 lagu daerah |
|||
15. Mengetahui makna bakti karya penggalang |
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang |
* Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang |
Bakti Karya PENGGALANG |
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa |
* Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan |
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG TERAP
GUGUS DEPAN SMPN 2 DUKUHTURI
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
1. Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode
kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan |
1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
* Menganalisis nilai-nilai perjuangan para tokoh pramuka
dunia |
Sejarah Kepramukaan
dan kode kehormatan Pramuka |
* Menganalisis peran organisasi pramuka dunia |
|||
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
Mendeskripsikan sejarah pramuka Indonesia |
||
Mengidentifikasi nilai-nilai kepramukaan pada tokoh pramuka
Indonesia |
|||
1.3 Mengetahui dan mengamalkan Tri satya pramuka
dan Dasa Dharma Dalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat |
Menganalisis isi
Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka |
Dasa Dharma dan
Trisatya |
|
Memberikan contoh
penerapan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka |
|||
2. Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan
kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara PENGGALANG |
2.1 Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna,
hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri) |
* Latihan PBB lanjutan |
PBB dan Latihan
Upacara |
2.2 Memperagakan upacara Penggalang di
lapangan |
* Menulis langkah-langkah upacara |
||
* Latihan petugas upacara |
|||
* Mempraktekan Upacara Penggalang |
|||
3. Memahami macam- macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera
Semaphore |
3.1 Mengetahui macam-macam SANDI |
* Membuat contoh SANDI |
SANDI dan SEMAPHORE |
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore |
* Menganalisis kegunaan SANDI dan semaphore |
||
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
* Memperagakan bendera Semaphore |
||
4. Memahami kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari |
4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
Melatih penghitungan dan pengukuran arah yang dituju. |
Pemanfaatan Kompas |
5. Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan
berkemah |
5.1 Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung
tongkat |
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali. |
Tali temali, cara
mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga |
Membuat tandu |
||
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
Mendirikan tenda |
||
6. Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan |
6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
* Menganalisis manfaat api unggun |
Api unggun |
6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
* Membuat miniatur api unggun |
||
7. Memahami resep dasar memasak |
7.1 Membuat resep makanan ringan |
* Membuat resep makanan ringan |
Tata Boga |
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat makanan
ringan) |
* Membuat atau memasak makanan ringan |
||
8. Memahami cara membuat hasta karya |
8.1 Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau beregu. |
Hasta karya Pramuka |
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
Membuat kerajinan tangan secara mandiri dan beregu |
||
9. Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi
kepramukaan |
9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka |
* Menjelaskan arti lambang pramuka |
Lambang gerakan
pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2 Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah |
* Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka |
||
9.3 Membentuk kepengurusan regu |
* Membuat pengurus regu |
||
10. Memahami definisi
musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana |
* Mengidentifikasi nilai-nilai musyawarah dan mufakat |
Musyawarah &
mufakat pramuka |
10.2 Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut |
* Mempraktekan kegiatan musyawarah |
||
11. Memahami tanda- tanda jejak peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
Membaca peta medan di
atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. |
Panorama |
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
* Mampu membuat dan memindahkan medan ke dalam secarik
kertas menjadi sebuah peta |
Peta-Pita |
|
12. Memahami definisi dan praktek P3K |
12.1 Mengetahui arti P3K |
* Mengetahui obat yang akan diberikan kepada rekan yang
luka ringan. |
P3K |
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K |
* Mengetahui cara penggunaan obat yang akan diberikan
kepada rekan yang luka ringan. |
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD |
* Praktek PPGD/P3K |
||
13. Memahami definisi jelajah alam dan outbond |
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond |
* Menjelaskan arti jelajah alam & outbound |
Jelajah alam dan
outbound |
13.2 Mengetahui macam-macam jenis outbound |
* Menyebutkan macam- macam jenis outbound |
||
13.3 Jelajah alam dan outbound sederhana |
* Penjelajahan dan outbound |
||
14. Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah |
* Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah |
Lagu - lagu
wajib dan daerah |
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang
benar |
* Menyanyikan lagu Indonesia Raya |
||
* Menyanyikan 3 lagu daerah |
|||
15. Mengetahui makna bakti karya penggalang |
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang |
* Menganalisis arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang |
Bakti Karya PENGGALANG |
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa |
* Bakti karya penggalang untuk masyarakat pedesaan |
BAB III
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
A. Susunan Majelis
Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) disusun berdasarkan jabatan dinas
di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari
unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan tersebut berada. Adapun susunan
Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.
Ka. Mabigus : Siti Qomariah,
S.Pd., M.Pd
2.
Ka. Gudep Putra : Teguh Evriono, S.Pd
3.
Ka. Gudep Putri : Pipit Kurniasih, SE
4.
Pembina Putra : M. Rahma
Diansyah, S.Pd
5.
Pembina Putri : Aminah, SE
B. Susunan Pengurus Dewan
Kerja Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya adalah dewan kerja gugus depan yang
bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan di lingkungan gugus depan. Dewan
kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam menjalankan aktivitas
kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga berfungsi panitia
kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat kecil, mendadak,
atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau insidental dibentuk
panitia kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang terdiri dari pemimpin regu
utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil pemimpin regu (wapinru), serta
anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun susunan pengurus Dewan Kerja
Penggalang Gudep SMPN 2 Dukuhturi sebagai berikut:
1. Ketua : Dimas Setiawan (9E)
2. Wakil Ketua : Chika safani awaliyah (9A)
3. Sekretaris I : Sinta Silfiani (9A)
4. Sekretaris II : Zahwa Aqila (9C)
5. Bendahara I : Aprilia Pristiawan (9B )
6. Bendahara II : Ria Idni Rahmawati (9A)
7. Seksi-Seksi : Afif Abdul Bari (9E)
C. Pengelompokkan Peserta /
Anggota
Peserta kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di kelompokan dalam 3 kelompok
yakni 1) Kelompok Penggalang Ramu; 2) Kelompok Penggalang Rakit; 3) Kelompok
Penggalang Terap, Dengan ketentuan sbb :
1.
Peserta didik yang belum pernah mengikuti pelantikan penggalang Ramu saat
di Sekolah Dasar, masuk dalam kelompok Penggalang Ramu.
2.
Peserta didik yang telah mengikuti pelantikan penggalang Ramu, penggalang
Rakit, maupun Penggalang terap (dibuktikan dengan SKU) pada saat di Sekolah
Dasar dimasukkan dalam kelompok Penggalang Rakit.
3.
Kelompok Penggalang Terap, hanya diperuntukan bagi peserta didik yang
telah mengikuti pelantikan penggalang Rakit pada saat ia telah menjadi siswa
SMP.
Untuk keperluan tersebut dibutuhkan minimal 3 orang Pembina. Namun apabila
diberlakukan kelas/kelompok terpisah (pa/pi), dibutuhkan minimal 6 orang
Pembina.
D. Pelaksanaan Latihan /
Kegiatan
1.
Pelaksanaan kegiatan latihan rutin dilakukan di sekolah satu minggu satu
kali.
2.
Pelaksanaan latihan lebih difokuskan pada kegiatan praktek dan tetap
memperhatikan ketertiban dan keamanan, berupa kegiatan nyata yang memberi
kesempatan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang
sesuai dengan usia.
3.
Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis yaitu : sederhana, mudah,
memanfaatkan sumberdaya yang ada dan menghemat biaya tetapi berhasil guna dan
tepat guna.
4.
Setiap Pembina pramuka wajib membuat Program Tahunan, Program Semester dan
Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK)
E. Penilaian Kegiatan
Pramuka
Penilaian
Pendidikan Kepramukaan mencakup hal-hal sebagai
berikut:
1.
Penilaian dilakukan lebih banyak secara kualitatif.
2.
Peserta didik diwajibkan untuk mendapatkan nilai
minimal baik pada kegiatan ekstrakurikuler wajib
pada setiap semester.
3.
Nilai yang diperoleh pada kegiatan Ekstrakurikuler
Wajib Kepramukaan berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
4.
Apabila Nilai di bawah baik dalam dua
semester atau satu tahun namun berdasarkan keputusan rapat
guru akan dinaikan, peserta didik yang bersangkutan harus mengikuti
program khusus yang diselenggarakan bagi mereka
(Modifikasi Perilaku)
5.
Kriteria keberhasilan kompetensi lebih ditentukan oleh
proses dan keikutsertaan peserta didik.
6.
Proses penilaian dilaksanakan setiap kali latihan dan setiap hari di dalam
proses pelatihan pramuka.
7.
Proses penilaian dilaksanakan dengan metode
Observasi dan Partisipasi.
8.
Proses penilaian Keterampilan Kepramukaan
disesuaikan dengan Kompetensi Dasar dari
masing-masing Tema dan Mata Pelajaran. sebagai
penguatan yang bermuatan Nilai Sikap dan Keterampilan
dalam Kurikulum 2013.
9.
Proses Penilaian dilakukan oleh Teman,
Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran, Pemangku Kegiatan
dan/atau Pembina Pramuka.
10.
Pelaporan nilai dituangkan dalam bentuk deskriptif dengan mengacu kriteria.
PENUTUP
Demikian program kerja Gugus Depan
Pangkalan SMPN 2 Dukuhturi tersusun, dengan harapan dapat menjadi acuan bagi
gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja ini
diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan yang
berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada SMPN 2 Dukuhturi.
Perlu disadari bahwa dalam penyusunan
program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu saran dan kritik
sangat diharapkan demi perbaikan dan penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya
semoga program kerja ini dapat bermanfaat bagi semua.
0 komentar:
Posting Komentar